Perhatian

Bagi Pengunjung Website Ini Di Harapkan Jangan Menyalahkan Website Ini Bila Berdampak Negatif Maupun Positif Website Ini Tetapi Salahkan Diri Sendiri Bila Anda Rusak Di Kehidupan Nantinya Di Masa Akan Datang Bagi Belum Cukup Umur

Home

     

Tulisan

  Silahkan Beri Komentar Jika Ada Bermasalah Di Blog Ini Yang Insyah Allah Akan Diperbaiki

Senin, 26 Januari 2015

Pengertian Narkoba, Narkotika dan Psikotropika

Narkoba

Pengertian Narkoba adalah Singkatan dari Narkotika, psikotropika & bahan adiktif lainnya. Narkoba dibagi dalam 3 jenis, yaitu narkotika, psikotropika & bahan adiktif lainnya. Tiap jenis ini kemudian dibagi-bagi lagi ke dalam beberapa kelompok.
Narkotika

Pengertian Narkotika ialah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik itu sintetis maupun bukan sintetis, dimana dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran dan hilangnya rasa pada tubuh. zat ini dapat mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Berdasarkan Undang-undang No. 22 Thn 1997, jenis narkotika dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu :

Pengertian Narkotika Golongan 1 yaitu Narkotika yang paling berbahaya karna daya adiktifnya sangat tinggi. Contoh Golongan Narkotika ini : Ganja, heroin, kokain, morfin, opium dan lain-lain.


Pengertian Narkotika Golongan 2 adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, akan tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh Narkotika golongan 2 : petidindan turunannya, benzetidin, betametadol dan lain-lain.


Pengertian Narkotika Golongan 3 ialah narkotika yang memiliki daya adiktif ringan, akan tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh Narkotika golongan 3 : Kodein dan turunannya.


Berdasarkan cara pembuatannya, narkotika dibagi ke dalam 3 golongan juga, yaitu narkotika Alami, narkotika semisintesis dan narkotika sintesis.
Narkotika Alami
Pengertian Narkotika Alami adalah narkotika yang zat adiktifnya diambil dari tumbuhan-tumbuhan (alam). Contohnya :
Ganja



Gambar daun Ganja
Pengertian Ganja ialah tanaman perdu dengan daun menyerupai daun singkong yang tepinya bergerigi dan berbulu halus. Jumlah jari pada daunnya selalu ganjil, yaitu 5, 7, 9. Daun Ganja sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, bila dipakai sebagai bumbu masak daya aktifnya rendah. Namun, tidak demikian bila di bakar dan asapnya di hirup.
Hasis

                                Gambar Hasis
Pengertian Hasis merupakan tanaman serupa ganja yang tumbuh di Amerika Latin dan Eropa. Daun ganja, mariyuana dan hasis juga dapat disuling dan diambil sarinya. Ketika dalam bentuk cair, harganya sangat mahal.










Gambar Koka
Pengertian Koka adalah tanaman perdu mirip pohon kopi. Buahnya yang matang dan berwarna merah seperti biji kopi. Didaalam komunitas masyarakat indian kuno, biji koka sering dipakai untuk menambah kekuatan orang yang berperang atau berburu binatang. kokain pada dasarnya olahan dari koka.




Opium


Gambar Getah Bunga Opium
Pengertian Opium ialah bunga dengan bentuk dan warna yang indah. Dari getah bunga opium kemudian dihasilkan candu (opiat). Di Mesir dan daratan Cina, opium dulu diginakan untuk mengobati beberapa ppenyakit, memberi kekuatan atau menghilangkan rasa sakit pada tentara yang terluka sewaktu berperang atau berburu.

Narkotika Semisintesis
Pengertian Narkotika Semisintesis adalah narkotika alami yang diolah dan diambil zat aktifnya (intisarinya) agar memiliki khasiat yang lebih kuat sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kedokteran. Contoh Narkotika sintesis : Morfin, Kodein, Heroin dan kokain.
Narkotika Sintesis
Pengertian Narkotika sintesis yaitu ialah narkotika palsu yang dibuat dari bahan kimia. Narkotika ini kemudian digunakan untuk pembiusan dan pengobatan bagi orang yang menderita ketergantungan narkoba. Contoh :
1.  Petidin : Untuk obat bius lokal, operasi kecil dan sunat.
2.  Methadon : untuk pengobatan pecandu narkoba.
3.  Naltrexon : untuk pengobatan pecandu narkoba.
Psikotropika

Pengertian Psikotropika adalah zat atau obat bukan Narkotika, baik alamiah maupun sintesis yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas normal dan perilaku.
Psikotropika merupakan obat yang digunakan oleh dokter untuk mengobati gangguan jiwa (psyche). Berdasarkan Undang-undang No. 5 Thun 1997, psikotropika dapat dikelompokkan ke dalam 4 golongan :
Golongan 1 ialah psikotropika dengan daya adiktif yang sangat kuat, sampai saat ini belum diketahui manfaatnya untuk pengobatan dan sedang diteliti khasiatnya. Contohnya: MDMA, ekstasi, LSD dan STP.
Golongan 2 yaitu psikotropika dengan daya adiktif kuat serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya: amfetamin, metakualon, metafetamin dan sebagainya.
Golongan 3 adalah psikotropika dengan daya adiksi sedang serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya : lumibal, buprenorsina dan fleenitrazepam.
Golongan 4 ialah psikotropika yang memiliki daya adiktif ringan serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya : Nitrazepam (BK, dumolid, mogadon) dan diazepam.
Demikianlah Pembahasan mengenai Pengertian Narkoba, Pengertian Narkotika dan Pengertian psikotropika, Semoga tulisan saya mengenai Pengertian Narkoba, Pengertian Narkotika dan pengertian psikotropika dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurang Sempurna

Maaf Blog Ini Belum Sempurna Masih Dikerja Jadi Mohon Kesabarannya

Translate

Tukar Link